Sebelum membuat sebuah desain, kita harus memiliki client brief terlebih dahulu. Client brief biasanya diberikan oleh klien kepada agensi atau seorang desainer sebelum membuat sebuah desain. Isi client brief biasanya seputaran hal teknis terkait dengan informasi produk yang akan dibuat seperti nama Perusahaan, bidang usaha, penjadwalan, estimasi dana yang dikeluarkan,dsb. Client brief sangat dibutuhkan seorang desainer untuk bisa menentukan desainnya akan dibuat seperti apa.
Berdasarkan pengalaman saya pada semester 4, saya pernah merancang
sebuah logo untuk UMKM. Sebelumnya saya harus mencari terlebih dahulu UMKM-nya.
Jika sudah dapat, barulah saya mencari tau informasi terkait UMKM tersebut yang
nantinya dari informasi tersebut akan saya olah menjadi sebuah creative brief,
di dalam creative brief terdapat nama projek, nama klien, nama produk, Alamat usaha,
jenis produk, media sosial, profil klien, target market, serta atribut merek.
Setelah membuat creative brief, maka langkah selanjutnya adalah membuat moodboard. Moodboard ini berfungsi untuk mengarahkan saya dalam membuat desain nantinya, isi dari moodboard itu sendiri berupa gambar dari tone & manner board, project profile board, competitor profile board, customer profile board, dan past profile board. Untuk tone & manner board berisikan informasi mengenai UMKM, seperti produk yang dijual, jenis produk, target market, tone warna, dan typeface yang akan di pakai. Untuk project profile board berisikan tentang komposisi atau isi dari produk UMKM tersebut, contohnya seperti UMKM yang akan saya rancang yaitu ayam bakar abiyyu yang terdiri dari nasi, ayam bakar lumpur, sambal, dan lalapan, Untuk competitor profile board berisikan saingan dari UMKM tersebut, untuk customer profile board berisikan rentang usia pembeli produk UMKM tersebut, dan past profile board, yang berisikan proyek yang sudah pernah dibuat UMKM tersebut, seperti daftar menu, banner, dan logo awal dari UMKM tersebut.
Setelah membuat moodboard, saya lanjut membuat mind mapping.
Didalam mind mapping, saya akan memetakan kata yang berhubungan dengan brand UMKM
tersebut yang nantinya bisa saya gunakan dalam mendesain.
Setelah membuat mind mapping, saya akan membuat 3 alternatif keyword yang nantinya 3 alternatif keyword ini akan saya pakai dalam merancang thumbnail.
Dalam merancang thumbnail, saya akan membuat 5 alternatif
gambar dari 3 alternatif keyword yang sudah saya tentukan sebelumnya. Dari 5
alternatif gambar tersebut, saya akan memilih masing-masing satu untuk nantinya
akan saya gabung menjadi 3 alternatif logo.
Setelah membuat thumbnail saya lanjut menggabungkan thumbnail yang sudah saya pilih dan membuat 3 alternatif sketsa logo tersebut beserta konsepnya.
Dari 3 alternatif sketsa logo tersebut, saya akan memilih satu yang akan menjadi final logo dan membuat versi digitalnya.
Comments
Post a Comment