Skip to main content

Tata Cara Merancang Sebuah Desain



Sebelum membuat sebuah desain, kita harus memiliki client brief terlebih dahulu. Client brief biasanya diberikan oleh klien kepada agensi atau seorang desainer sebelum membuat sebuah desain. Isi client brief biasanya seputaran hal teknis terkait dengan informasi produk yang akan dibuat seperti nama Perusahaan, bidang usaha, penjadwalan, estimasi dana yang dikeluarkan,dsb. Client brief sangat dibutuhkan seorang desainer untuk bisa menentukan desainnya akan dibuat seperti apa.


Berdasarkan pengalaman saya pada semester 4, saya pernah merancang sebuah logo untuk UMKM. Sebelumnya saya harus mencari terlebih dahulu UMKM-nya. Jika sudah dapat, barulah saya mencari tau informasi terkait UMKM tersebut yang nantinya dari informasi tersebut akan saya olah menjadi sebuah creative brief, di dalam creative brief terdapat nama projek, nama klien, nama produk, Alamat usaha, jenis produk, media sosial, profil klien, target market, serta atribut merek.

contoh creative brief


Setelah membuat creative brief, maka langkah selanjutnya adalah membuat moodboard. Moodboard ini berfungsi untuk mengarahkan saya dalam membuat desain nantinya, isi dari moodboard itu sendiri berupa gambar dari tone & manner board, project profile board, competitor profile board, customer profile board, dan past profile board. Untuk tone & manner board berisikan informasi mengenai UMKM, seperti produk yang dijual, jenis produk, target market, tone warna, dan typeface yang akan di pakai. Untuk project profile board berisikan tentang komposisi atau isi dari produk UMKM tersebut, contohnya seperti UMKM yang akan saya rancang yaitu ayam bakar abiyyu yang terdiri dari nasi, ayam bakar lumpur, sambal, dan lalapan, Untuk competitor profile board berisikan saingan dari UMKM tersebut, untuk  customer profile board berisikan rentang usia pembeli produk UMKM tersebut, dan past profile board, yang berisikan proyek yang sudah pernah dibuat UMKM tersebut, seperti daftar menu, banner, dan logo awal dari UMKM tersebut.

contoh moodboard (tone & manner board dan project profile board)


contoh moodboard (competitor profile board dan customer profile board)

contoh moodboard (past profile board)


Setelah membuat moodboard, saya lanjut membuat mind mapping. Didalam mind mapping, saya akan memetakan kata yang berhubungan dengan brand UMKM tersebut yang nantinya bisa saya gunakan dalam mendesain.

Setelah membuat mind mapping, saya akan membuat 3 alternatif keyword yang nantinya 3 alternatif keyword ini akan saya pakai dalam merancang thumbnail.

contoh mind mapping



Dalam merancang thumbnail, saya akan membuat 5 alternatif gambar dari 3 alternatif keyword yang sudah saya tentukan sebelumnya. Dari 5 alternatif gambar tersebut, saya akan memilih masing-masing satu untuk nantinya akan saya gabung menjadi 3 alternatif logo.

contoh thumbnail


Setelah membuat thumbnail saya lanjut menggabungkan thumbnail yang sudah saya pilih dan membuat 3 alternatif sketsa logo tersebut beserta konsepnya.

contoh alternatif logo 



Dari 3 alternatif sketsa logo tersebut, saya akan memilih satu yang akan menjadi final logo dan membuat versi digitalnya.

contoh final logo

Comments

Popular posts from this blog

Kajian Design Thinking pada lukisan "Pasar" karya Hendra Gunawan

Pasar (1960) Oil on Canvas 160 cm x 133 cm Latar Belakang  Lukisan "Pasar" karya Hendra Gunawan ini menggambarkan suasana pasar tradisional di Indonesia. Lukisan ini menghadirkan berbagai elemen yang ada di pasar, seperti pedagang, pembeli, kerumunan, dan barang dagangan. Tujuan Tujuan dari lukisan ini adalah untuk merekam suasana Pasar Tradisional yang ada di Indonesia. Selain itu, sang pelukis ingin merekam keceriaan keramaian, dan warna-warni pasar sebagai bagian penting dari budaya Indonesia. Target Pasar Target pasar dari lukisan ini beragam, termasuk kolektor seni, pencinta seni lukis atau siapa pun yang menghargai keindahan dan kekayaan budaya dalam seni. Insight  Keberagaman budaya dan kehidupan sehari-hari di pasar tradisional Indonesia. Energi dan semangat yang ada di pasar, terutama dari para pedagang dan pembeli. Keterlibatan aktif masyarakat dalam interaksi pasar. Kebutuhan Penerapan Desain Sebagai alat pendidikan untuk memperkenalkan budaya pasar tradisional Ind...

Ringkasan Materi Design Thinking Karya Gavin Ambrose & Paul Harris

Desain adalah sebuah proses dalam menciptakan objek baru demi mencapai tujuan tertentu. Dalam mendesain perlu diperhatikan beberapa aspek pentingnya, yaitu meliputi : ·         Fungsi                    : Desain harus memenuhi fungsi atau tujuan tertentu. Ini berarti mengidentifikasi apa yang perlu dicapai oleh produk atau proyek yang sedang dirancang dan membuat rencana yang sesuai untuk mencapainya. ·          Estetika                 : Aspek estetika dalam desain berkaitan dengan penampilan visual dan daya tarik dari suatu produk atau konsep. Ini mencakup elemen-elemen seperti warna, bentuk, tekstur, dan komposisi yang digunakan dalam desain. ·          Keamanan        ...